Gunung Arjuna #3: Puncak PHP & Salju

19:30 Ilham Firdaus 0 Comments

Tidur saya nyenyak banget malem itu, sampai tengah malam dibangunin Faisal. Bukan gara-gara ada anjing lagi kayak waktu di Pet Bocor, tapi gara-gara dia menggigil kedinginan minta nyalain api. Bangun sudah saya nyalain perapian. Lalu Idang dan Umam ikut bangun dan merapat ke perapian.

Faisal, Idang juga saya yang pakai jaket aja tetep kedinginan. Ini Umam tahan banget sama dingin, dia cuma pakai kaos sama kemeja lengan panjang doang. Bukannya kenapa, dia ngga bawa jaket. Macem-macem emang ini anak.

Lembah Kidang Gunung Arjuna
Menghangatkan diri di perapian

Setelah bangun kami nggak tidur lagi, soalnya mau summit attack jadi sekalian aja. Jam ½ 1 dini hari kami berangkat summit attack dan cuma bawa 1 carier yang isinya perbekalan. Perjalanan dari Lembah Kidang ini cuma ada petunjuk berupa tali rapia yang di ikat di pohon tiap beberapa meter. Jadi harus bener-bener jeli liat rapia, mana jalannya kadang bercabang yang bikin bingung. Yang summit attack paling awal cuma kami ber-4 lagi.

Gara-gara Umam cerita yang mistis-mistis tentang Arjuna saat di perjalanan ke Tretes, saya jadi ngeri sama yang begituan. Kata dia kalau saat ndaki denger suara gamelan harus berhenti saat itu juga, kalau dilanjutin nanti bakal hilang atau tersesat. Berkat cerita itu saya jadi kepikiran terus, telinga saya jadi peka banget. Suara-suara yang pelan sampai kedenger. Bahkan suara kentut yang nggak bunyi aja bisa saya dengar!

Lalu ada lagi cerita mistis, kali ini Idang yang cerita. Jadi di Arjuna itu ada pos namanya Pasar Dieng atau biasa disebut Pasar Setan, kenapa begitu? Soalnya kalau malem di situ ada pasar, iya pasar! Mereka pada jualan di situ, rame banget. Mereka bukan manusia, tapi yaa gitu deh, genderuwo paling. Nah dulu pernah ada seseorang yang ngalamin itu, malam hari dia kebangun karena denger suara berisik di luar tenda. Dia melihat ada pasar, kondisi nggak sadar nggak tau gimana. Dia beli jaket dan dikasih kembalian. Saat turun gunung, jaketnya masih ada, tapi kembaliannya berubah jadi daun. Wallahualam yaa, peristiwa kayak gitu kembali ke individu masing-masing mau percaya atau nggak.

Pasar Dieng Gunung Arjuna
Pasar Dieng

Sepanjang perjalanan dari Lembah Kidang awalnya kami sering banget break, apalagi kalau ada tanah datar, pasti tergoda. Tapi saat sampai Pos Pasar Dieng ini kami kompak lanjut terus. Nggak ada yang minta break, padahal ada tanah datar. Pikiran kami kayaknya sama semua saat di pasar dieng, makanya kompak.

Lumayan lama perjalanan ke puncak ini, udah berjam-jam kami nggak sampai-sampai. Untung nggak frustasi. Kami sempat kena PHP beberapa kali. Jadi kami lihat ada dataran yang paling tinggi diantara yang lain, kami yakin itu puncak. Lalu saya berkata, “Ayo, puncak udah di depan tuh, udah deket!”. Tapi saat udah sampai taunya bukan, ternyata ada lagi yang lebih tinggi. Begitu terus beberapa kali, sampai kami namain Arjuna ini Puncak PHP! Dalam arti sebenarnya. Sekali-kali di PHP-in sama gunung.

Kami juga sempat ketipu sama sebuah fenomena alam. Saat saya lihat dari jauh, disekitar rerumputan ada sesuatu berwarna putih banyak banget. Saya kira itu abu, soalnya ada bekas api unggun juga di situ. Tapi masa iya abunya banyak banget gitu. Dan saat saya liat dari deket, itu es! Iya beneran, saya pegang dan itu asli es! Ngga mungkin kan ada yang bawa es balok terus diserut di atas gunung gitu, ngapain coba?

Ajaib! Pertama kali saya lihat es akibat fenomena alam gitu, bukan hasil bekuin air di freezer. Mungkin suhu disitu menyentuh angka minus sampai terbentuk es gitu. Bbrrr.. Nggak kebayanga dinginnya gimana.

Salju Gunung Arjuna
Es serut alami yang awalnya saya kira abu

Akhirnya jam 6 pagi, barengan sama sunrise kami sampai di Puncak Arjuna! Setelah kena PHP beberapa kali, kali ini beneran Puncak Arjuna atau biasa disebut Puncak Ogal-agil. Saya yakin karena disitu ada bendera merah putih dan plang bertuliskan Puncak Arjuna. Puncaknya sih nggak luas, cuma ada banyak bebatuan besar. Pemandangannya gimana? Beuh jangan ditanya, udah bareng sunrise, samudra awan, kelihatan juga tuh Puncak Welirang yang lagi ngebul ngeluarin asap. Juga gunung kembar, dalam arti sebenarnya yaa. Emang gunungnya ada 2 kok, terus tingginya hampir sama, makanya dinamain gunung kembar. Jangan mikir aneh-aneh!

Pokoknya nggak bisa dijelaskan dengan kata-kata, saya kasih lihat aja deh lewat foto.

Gunung Welirang Gunung Arjuna
Welirang dan Gunung Kembar

Puncak Gunung Arjuna
Wonderful INDONESIA!!!

Ini puncak gunung ketiga saya, setelah Ciremai dan Slamet. Dari ketiganya saya dapat pengalaman yang beda, dengan teman ndaki yang beda, di tempat yang berbeda pula. Dan yang paling penting, dari setiap pendakian saya dapat pelajaran hidup yang berharga. Yang nggak bakal saya dapatkan kalau saya diam di rumah terus. Jadi saya bisa ceritain pengalaman ini ke anak cucu saya kelak. Hehehe!

Puncak dan Sunrise!


0 comments: