Kuningan, dimana sih itu?

00:27 Ilham Firdaus 1 Comments

taman kota kuningan

Saya paling males kalau ditanya “asalnya darimana”. Entah udah berapa kali ditanya orang kayak gitu kalau lagi nggak di kampung halaman, apalagi kalau di luar Jawa Barat.

Saya yakin banyak yang nggak tau Kuningan itu dimana, sekalinya ada yang jawab tau eh malah Kuningan yang di Jakarta. Emang sih Kuningan itu bukan kota, melainkan kabupaten kecil yang berada di ujung timur Jawa Barat. Tiap saya jawab dari Kuningan, orang-orang pada bengong. Tapi pas saya bilang sebelah selatannya Cirebon, mereka baru deh angguk-angguk.

Beda ceritanya kalau saya lagi ngobrol sama orang yang suka jalan-jalan alias traveler atau backpacker, apalagi pendaki gunung. Mereka pasti tahu! Kenapa? Ya tepat sekali! Ada Gunung Ciremai di sana, gunung tertinggi di Jawa Barat. Tapi kalau gitu kesannya mereka lebih tau Ciremai dari pada Kuningan, tempat dimana gunung tersebut berada. Nggak apalah, yang penting mereka tau kampung halaman saya!

Saya mau kasih ilustrasi perbandingan kalau saya ngobrol sama traveler/pendaki gunung dan sama yang bukan traveler. Asumsikan orangnya ini dari luar Jawa Barat dan lagi nanya asal saya darimana.

Pertama, ngobrol sama yang bukan traveler (BT) dan nggak tau Kuningan itu dimana.
BT     : Asalnya darimana, Bang?
Saya   : Gw dari Kuningan bang, tau?
BT     : Kuningan? Dimana tuh? Masih di Indonesia?
Saya   : Bukan, tapi di Zimbabwe. Ya Indonesia lah. Kuningan itu di Jawa Barat.. blablabla (saya jelasin panjang lebar)
Dan jawaban dari mereka pun beragam.
BT     : *bingung* / Oiyaa tau bang *pura-pura tau, padahal mah nggak tau* / Sorry bang ngga tau, hehe *nggak tau dan jujur + muka polos*
Lain kali mungkin saya perlu bawa atlas, biar saya lihatin letak Kuningan ke mereka, huh!

Kedua, ngobrol sama yang salah paham (SP), taunya Kuningan yang di Jakarta.
SP      : Emang Abang darimana?
Saya   : Gw dari Kuningan, tau kan?
SP      : Oh Kuningan, ya taulah. Di sana macet mulu bang ya, panas juga.
Saya   : Mana ada! Disana nggak pernah macet dan hawanya sejuk, soalnya di kaki gunung.
SP      : Lho kok gitu? Yang di Jakarta itu kan bang?
Saya   : Yaelah, bukan! Kuningan yang di Jawa Barat.
SP      : Emang ada ya? Bukannya Kuningan itu di Jakarta?
Sama kayak yang pertama, saya harus bawa atlas. Eh jangan deh, saya suruh buka google maps aja biar gampang. Udah salah, ngotot pula, ggrrr!

Terakhir, ngobrol sama traveler atau pendaki gunung. 
Traveler       : Rumahnya dimana, bang?
Saya            : Rumah gw di Kuningan.
Traveler       : Kuningan? Wah, Ciremai dong?
Saya            : Betul banget! Pernah kesana bang?
Traveler       : Belum sih, tapi pengen. Kapan-kapan kalau kesana bisa kali bang mampir di rumahnya? hehe
Saya            : Gampang, kabar-kabar aja bang. Tapi jangan bawa rombongan banyak-banyak, nggak muat entar.
Traveler       : Nggak kok, yaa paling banyak bawa se-RT.
Yang begini nih saya seneng. Tanpa harus debat dulu, mereka udah tau dimana kampung halaman saya berada.

Emang sih meskipun traveler, ada juga yang nggak tau Ciremai atau Kuningan dimana. Tapi berdasarkan pengalaman saya, mayoritas dari mereka tau. Apalagi di kalangan pendaki gunung, terlepas mereka udah pernah mendaki ke sana atau pun belum. Juga sebaliknya, mereka yang bukan pejalan nggak melulu nggak tau Kuningan. Beberapa orang yang sempat saya temui berkata mengetahuinya.

Itulah 3 tipe jawaban dari orang-orang saya temui ketika menanyakan darimana asal saya. Tapi saya nggak memvonis kalau mereka yang traveler tau Kuningan, sedangkan mereka yang bukan traveler nggak tau. Ini cuma berdasarkan pengalaman saja dan mayoritasnya jawaban mereka seperti itu.

Next time, saya bakal share cerita traveling saya di tempat-tempat wisata di Kuningan. Biar kalian-kalian semua jadi tahu dimana itu Kuningan dan ada destinasi apa aja yang wajib di kunjungi. Hatur Nuhun!

gunung ciremai
Gunung Ciremai

situ cicerem kuningan
Danau Biru, Situ Cicerem

kebun raya kuningan
Taman Tematik. Kebun Raya Kuningan

curug putri palutungan
Curug Putri, Palutungan

1 komentar: